Memilih sekolah si kecil

International School In Jakarta – Telah ancang-ancang memasukkan si kecil ke sekolah tahun ini? Atau mungkin Anda bahkan telah punya sekolah alternatif untuknya? Mengingat semacam itu banyaknya penawaran, inilah sebagian hal yang mungkin bisa menolong Anda mengambil keputusan:

Masa kanak-kanak ialah masa bermain. Jadi, jangan terlalu dini memaksakan pengajaran yang ‘serius’ bagi si kecil.supaya masa bermainnya tak terenggut. Apalagi jikalau Anda masih membebani si kecil dengan sederet les tambahan, mulai dari membaca, berhitung, piano, balet, dan lainnya. Pengajaran untuk si kecil-si kecil di bawah umur enam tahun tidak patut senantiasa berupa pengajaran formal. Playgroup atau taman bermain, prasekolah ataupun TK sepatutnya cuma menjadi fasilitator dalam menstimulus perkembangan si kecil, bagus lahiriah (motorik kasar ataupun halus), mental (kognitif), emosional, sosial, dan kesanggupan berbahasanya.

Pilih sekolah yang guru-gurunya mempunyai ‘unconditional love’. Artinya, guru-guru di sekolah itu dapat mendapatkan tiap si kecil apa adanya, dan dapat memaksimalkan lingkungan yang disiplinnya positif. Sekolah tak menuntut si kecil di luar kecakapannya, berupaya paham si kecil, dan menunjang si kecil untuk dapat dan berbangga atas kecakapannya.

Sekolah yang menerapkan konsep belajar lewat pengalaman (experiential learning), memberikan stimulus pada si kecil lewat pengalaman bermain dan eksplorasi segera kepada dunia di sekitarnya. Sekolah-sekolah ini lazimnya mengajak murid-muridnya segera ‘terjun’ ke alam untuk mempelajari apa yang hendak dipelajari; seperti belajar seputar sapi dengan memperhatikan segera seekor sapi, atau jikalau belajar menggambar, itu dikerjakan di halaman atau di alam terbuka. Lazimnya konsep seperti ini dapat ditemukan di sekolah-sekolah alam.

Satu lagi pertimbangan yang tidak keok penting ialah unsur tarif. Banyak bapak dan ibu rela membayar mahal supaya buah hatinya mendapatkan pengajaran terbaik. Tetapi, tidak ada salahnya konsisten memperhitungkan apakah tarif yang Anda keluarkan akan layak dengan apa yang didapatkan si kecil jikalau menimba ilmu di situ. Uang sekolah yang tinggi, contohnya, tentu rasanya tidak setara jikalau fasilitas pengajaran di sekolah hal yang demikian rupanya kurang memadai. Tetapi, semahal apa malah, jangan lupa untuk menetapkan bahwa sekolah mahal dan fasilitas yang duhai malah bukanlah segalanya. – International School Di Jakarta Selatan

Leave a Reply