Penjualan Apartemen Justru Meningkat Selama Ramadan

apartemen

Pasar properti nasional secara tradisional mengalami penurunan di bulan Ramadan, tapi hal hal yang demikian tampaknya menjadi pengecualian untuk sektor apartemen. Tersebut ini disupport oleh tingginya atensi generasi milenial kepada properti ragam sewa apartemen Jakarta Barat.

Menurut laporan Rumah.com Property Index, harga apartemen secara nasional melonjak drastis dalam tiga tahun terakhir. Peningkatan harga apartemen konsisten stabil malahan meskipun berada dalam jangka waktu Ramadan.

“Pada jangka waktu Ramadan 2016, contohnya, yang diawali pada permulaan Juni 2016 (akhir kuartal kedua) dan usai di permulaan Juli 2016 (permulaan kuartal ketiga), popularitas pasar apartemen meningkat 1,1% pada kuartal ketiga (Q3) dibandingi kuartal kedua (quarter-on-quarter/q-o-q),” kata Country Manager Rumah.com, Marine Novita.

“Berikutnya, pada jangka waktu Ramadan 2017, yang diawali pada akhir Mei 2017 dan usai di akhir Juni 2017 (kuartal kedua), peningkatan juga konsisten terjadi. Index menonjolkan kenaikan sebesar 2% pada Q3 dari Q2. Secara tahunan, Index menonjolkan kenaikan harga sebesar 10,5% pada Q1 2018 dibandingi Q1 2017,” ia menambahkan.

Suplai Apartemen di Jakarta Meningkat dalam Setahun Terakhir

Popularitas ini berbeda jikalau dibandingi dengan popularitas pasar properti secara keseluruhan, yang juga menilai rumah tapak. Pada jangka waktu Ramadan 2016, popularitas pasar properti mulai menurun 0,4% pada Q3 (q-o-q).

Berikutnya, pada jangka waktu Ramadan 2017, penurunan sebesar 0,1% juga terjadi pada Q3. Popularitas pasar properti di fase Ramadan secara tradisional menurun sebab pengeluaran konsumen lebih banyak pada belanja konsumtif.

Optimisme pasar properti di sektor apartemen ini dinikmati oleh Agus Susilo, Direktur Utama Cimanggis City Apartment, Depok. Menurutnya, penjualan di bulan Ramadan konsisten terjaga. Pada bulan Mei, pihaknya sukses memasarkan 51 unit.

Suplai Apartemen di Jakarta Meningkat dalam Setahun Terakhir

Agus menggelar acara buka bersama sebagai gelanggang membagikan info produk, serta menawarkan bonus umrah. “Sekitar 30% akad (di bulan Mei) terjadi dikala bukber,” katanya.

“Di bulan Ramadan pun meningkat jikalau dibandingi tahun-tahun sebelumnya di jangka waktu yang sama. Kebanyakan pembeli apartemen ialah pekerja di sekitar Depok. Ada yang untuk ditinggali, ada yang untuk investasi. Sebanyak 30-40% pembelinya berasal dari kalangan milenial, di bawah 35 tahun, sebagian masih lajang.” ujar Agus.

Atensi milenial kepada properti, secara khusus apartemen, juga terefleksi dari Rumah.com Property Affordability Sentiment Index.

Survei yang dikerjakan Rumah.com bersama institusi survei Singapura itu menonjolkan bahwa sebanyak 59% responden berusia 20-39 tahun beratensi membeli apartemen dalam enam bulan ke depan.

 

Baca Juga : Jual Apartemen Kebon Jeruk