Akibat Reputan Aliran Air ke Sawah, Pompa Air Irigasi di Ponorogo Dirusak

pompa air irigasi

Semenjak dua pekan terakhir, warga di Kecamatan Mlarak gundah. Karena, diesel Pompa air yang diaplikasikan untuk mengairi sawah dirusak oleh orang tidak diketahui.

Ketiga desa hal yang demikian, Desa Nglumpang, Gandu dan Gontor. Untuk Desa Nglumpang sendiri ada 15 diesel yang dirusak sedang di Desa Gandu sebanyak 1 unit dan di Desa Gontor ada 4 unit.

“Sempurna ada 20 diesel pompa air yang dirusak,” tutur Kapolsek Mlarak AKP Sudaroini terhadap wartawan ketika dijumpai di Polsek Mlarak, Jalan Raya Mlarak-Sambit, Rabu (7/11/2018) lalu.

Sudaroini menambahkan teladan pengrusakannya malahan berjenis-jenis-tipe. Seperti menyumbat pipa dengan batu kemudian dibakar dan malah ada yang dicor mengaplikasikan adonan semen.

“Anehnya yang dirusak itu komponen saluran air walaupun mesin dieselnya diperbolehkan,” jelas ia.

Meskipun seperti itu, lanjut Sudaroini, pelaku hal yang demikian membuat resah warga. Terpenting para petani yang mau mengairi sawahnya.

Sementara itu, salah satu perangkat desa Mursidi menambahkan pihaknya telah menjalankan patroli bersama warga dan polisi. Tapi pelaku juga belum tertangkap.

“Setiap malam kami patroli, tetapi belum tau siapa pelakunya,” imbuh ia.
Menurutnya, dugaan sementara sebab rebutan air. Pasalnya, ketiga desa hal yang demikian mengalami kesusahan air.

“Sangkaan kami sebab rebutan air, disini airnya agak susah. Makanya saluran pipa diesel pompa air rusak, kami berkeinginan pelakunya lantas tertangkap,” pungkas ia.

 

Baca Juga: Harga bor bosch