Indonesia Akan Punya Pabrik 3d Printer

Pemerintah sedang menggenjot arus industri baru yang dinamakan industri 4.0. Lima sektor yang mendorong industri ini, ialah Online of Things (IoT), Artificial Intelligence (AI), Human–Machine Interface, teknologi robotik dan sensor, serta teknologi 3D Printing.

Merespon gagasan besar pemerintah hal yang demikian. Inspira Academy sebagai satu-satunya institusi edukasi terkemuka dan pertama di Indonesia yang mempunyai fokus pada bidang desain dan cetak 3D (3D creation) – robotik dan IoT, di tahun 2019 ini akan membangun pabrik 3D printer pertama di Indonesia.

Berdasarkan Sugianto Kolim, Founder Inspira Academy, keunggulan 3D printer salah satunya yakni dapat memproduksi karya desain dalam wujud tiga dimensi.

“Salah satu keunggulan teknologi 3D printer yakni memudahkan dan mempercepat pelaksanaan produksi industri di seluruh bidang. Sayangnya, harga 3D printer masih sungguh-sungguh mahal, bagus untuk konsumsi bisnis atau perorangan,” ungkap Sugianto dalam keterangan tertulis.

Karenanya itu, pihaknya tergerak supaya percepatan industri 4.0 lantas terealisir di Indonesia dengan membangun pabrik 3D printer yang diinginkan mulai berjalan pada pertengahan 2019 ini.

Rencananya, lokasi yang dipilih yakni wilayah industri di Jakarta dan diperkirakan menelan investasi Rp100 milliar.

Dengan pembangunan pabrik 3D hal yang demikian, diinginkan harga 3D printer akan lebih relatif murah. Sehingga Indonesia akan menjadi kiblat pertumbuhan industri 4.0 di wilayah Asia Tenggara.

“Tapi, untuk mendorong Making Indonesia 4.0 tak cukup dengan cuma kelengkapan saja tapi bagaimana mengolah Sumber Energi Manusia,” ujar Sugianto.

“Karenanya Inspira Academy melewati program 100inovatorIndonesia mencari 100 inovator Indonesia untuk dibekali pengajaran desain dan cetak 3D secara tidak dipungut bayaran. Ke depannya ilmu cetak 3D ini akan diterapkan ke dunia robotik dan STEAM,” tegasnya.

Berkaitan pemilihan inovator itu, InspiraAcademy akan menyeleksi orang-orang yang ingin untuk mengoptimalkan hasil cetak 3D melewati riset.