3 PTN di Indonesia Masuk 500 Besar Dunia, Kapan PTS?

3 PTN di Indonesia Masuk 500 Besar Dunia, Kapan PTS?
Menristekdikti Mohamad Nasir menargetkan perguruan tinggi swasta (PTS) bisa tembus rangking 500 besar dunia. Itu sebabnya tidak ada lagi dikotomi antara Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan PTS. Setiap perguruan tinggi memiliki peran yang sama dalam membuka akses masyarakat ke pendidikan tinggi dan menyiapkan sumber daya manusia milenial yang kreatif, inovatif dan berdaya saing tinggi. “Saat ini Indonesia telah memiliki tiga PTN yang berada pada peringkat 500 besar dunia yaitu Universitas Indonesia, Institut Teknologi Ba3 PTN di Indonesia Masuk 500 Besar Dunia, Kapan PTS? Menristekdikti Mohamad Nasir menargetkan perguruan tinggi swasta (PTS) dapat tembus rangking 500 besar dunia. Itu sebabnya tak ada lagi dikotomi antara Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan PTS. ( Baca : international school jakarta )

Tiap-tiap perguruan tinggi mempunyai peran yang sama dalam membuka jalan masuk masyarakat ke pengajaran tinggi dan menyiapkan sumber kekuatan manusia milenial yang kreatif, inovatif dan berdaya saing tinggi. “Ketika ini Indonesia sudah mempunyai tiga PTN yang berada pada peringkat 500 besar dunia ialah Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, dan Universitas Gadjah Mada. Aku ingin PTS Indonesia juga sanggup menembus peringkat 500 besar dunia,” kata Menteri Nasir di Jakarta, Selasa (12/1).

Ia mengatakan dalam kurun waktu 4 tahun ini, PTS di Indonesia mengalami peningkatan kwalitas yang cepat. Ketika ini sudah ada 36 PTS di Indonesia yang mempunyai akreditasi A. Menteri Nasir mengapresiasi Institusi Layanan Pengajaran Tinggi Kawasan III (LLDIKTI Kawasan III) atas capaian 13 Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di lingkungan LLDIKTI Kawasan III yang sudah meraih akreditasi A. LLDIKTI Kawasan III Jakarta yaitu LLDIKTI yang mempunyai PTS dengan akreditasi A terbanyak diperbandingkan LLDIKTI Kawasan lainnya. Kecuali LLDIKTI Kawasan III, LLDIKTI Kawasan IV V, VI, dan VII juga mempunyai PTS dengan akreditasi A.

“Aku apresiasi capaian LLDIKTI Kawasan III sebab dari 36 Perguruan Tinggi Swasta di Indonesia yang meraih akreditasi A, 13 diantaranya ada di lingkungan LLDIKTI Kawasan III, aku ucapkan selamat. Aku ingin ini terus ditingkatkan sehingga perguruan tinggi yang terakreditasi A kian banyak. Ini dapat menjadi teladan bagi LLDIKTI lain yang selama ini masih belum mempunyai PTS yang terakreditasi A,” tuturnya.

Kecuali itu, dihadapan 280 Pimpinan Perguruan Tinggi di lingkungan LLDIKTI Kawasan III Menristekdikti mempersembahkan, perguruan tinggi sebagai daerah mencetak sumber kekuatan manusia yang unggul patut sanggup menyikapi tantangan Revolusi 4.0 ini dengan kencang dan ideal. Oleh sebab itu, ia minta jajaran Kemenristekdikti untuk terus menjalankan pembinaan terhadap perguruan tinggi yang akreditasinya telah B untuk ditingkatkan menjadi A, dan mengantar perguruan tinggi akreditasi C juga patut ditingkatkan ke B lewat pembinaan.

“Menyediakan sumber kekuatan manusia yang unggul yakni hal terutamanya dalam menghadapi Revolusi Industri 4.0 dan kwalitas pengajaran tinggi juga patut terus ditingkatkan. Aku sudah minta terhadap Dirjen Belmawa, jangan cuma peningkatan akreditasi B ke A saja yang patut di dampingi,tapi peningkatan dari akreditasi dari C ke B juga patut menerima perhatian khusus. Ini yaitu _‘concern’_ kita bersama dalam meningkatkan kwalitas pengajaran tinggi di Indonesia,” jelasnyandung, dan Universitas Gadjah Mada. Saya berharap PTS Indonesia juga mampu menembus peringkat 500 besar dunia,” kata Menteri Nasir di Jakarta, Selasa (12/1). Dia mengatakan dalam kurun waktu 4 tahun ini, PTS di Indonesia mengalami peningkatan mutu yang pesat. Saat ini telah ada 36 PTS di Indonesia yang memiliki akreditasi A.

Menteri Nasir mengapresiasi Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah III (LLDIKTI Wilayah III) atas capaian 13 Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di lingkungan LLDIKTI Wilayah III yang telah meraih akreditasi A. LLDIKTI Wilayah III Jakarta merupakan LLDIKTI yang memiliki PTS dengan akreditasi A terbanyak dibandingkan LLDIKTI Wilayah lainnya. Selain LLDIKTI Wilayah III, LLDIKTI Wilayah IV V, VI, dan VII juga memiliki PTS dengan akreditasi A. “Saya apresiasi capaian LLDIKTI Wilayah III karena dari 36 Perguruan Tinggi Swasta di Indonesia yang meraih akreditasi A, 13 diantaranya ada di lingkungan LLDIKTI Wilayah III, saya ucapkan selamat. Saya berharap ini terus ditingkatkan sehingga perguruan tinggi yang terakreditasi A semakin banyak. Ini bisa menjadi contoh bagi LLDIKTI lain yang selama ini masih belum memiliki PTS yang terakreditasi A,” tuturnya.

Selain itu, dihadapan 280 Pimpinan Perguruan Tinggi di lingkungan LLDIKTI Wilayah III Menristekdikti menyampaikan, perguruan tinggi sebagai tempat mencetak sumber daya manusia yang unggul harus mampu menyikapi tantangan Revolusi 4.0 ini dengan cepat dan tepat. Oleh karena itu, dia meminta jajaran Kemenristekdikti untuk terus melakukan pembinaan kepada perguruan tinggi yang akreditasinya sudah B untuk ditingkatkan menjadi A, dan mendampingi perguruan tinggi akreditasi C juga harus ditingkatkan ke B melalui pembinaan. ( Terkait : sekolah internasional di jakarta )

“Menyediakan sumber daya manusia yang unggul adalah hal terpenting dalam menghadapi Revolusi Industri 4.0 dan mutu pendidikan tinggi juga harus terus ditingkatkan. Saya telah meminta kepada Dirjen Belmawa, jangan hanya peningkatan akreditasi B ke A saja yang harus di dampingi,namun peningkatan dari akreditasi dari C ke B juga harus mendapatkan perhatian khusus. Ini merupakan _‘concern’_ kita bersama dalam meningkatkan mutu pendidikan tinggi di Indonesia,” jelasnya