7 Ide Investasi yang Mudah Dilakukan Pemula

Investasi sangatlah bermanfaat dan menguntungkan untuk masa yang akan datang. Siapa bilang Anda harus mapan terlebih dahulu sebelum dapat berinvestasi? Tidak perlu menjadi jutawan atau miliarder untuk memulai menapakkan diri di dunia investasi. Justru dengan berinvestasi, Anda akan membuka jalan menuju kesuksesan apabila dilakukan dengan cara yang benar.

Banyak orang yang ragu untuk mengawali investasi karena dihantui beragam risiko. Tidak perlu khawatir! Berikut ini adalah ide investasi bagi pemula yang dapat dijadikan sebagai pilihan.

1. Emas

Investasi yang satu ini tergolong mudah dilakukan. Sebagai produk investasi tradisional, emas nantinya akan dibeli, disimpan, lalu dipasarkan kembali disaat harga sudah naik. Profit yang didapat investor yaitu selisih harga beli dengan harga jualnya. Anda tidak akan menerima profit dalam jangka pendek. Oleh karena itu, perlu rencana dan tujuan yang matang sebelum melakukan investasi ini.

2. Saham

Berikutnya yaitu investasi yang sering dianggap hanya untuk orang-orang kaya raya, nyatanya siapa saja dapat ikut serta dalam berinvestasi pada platform ini. Saham diterapkan perusahaan untuk menerima modal supaya usaha dapat tetap berjalan. Anda akan mendapat profit dari dividen dan selisih harga jual beli. Untuk profit yang pasti, sebaiknya carilah perusahaan yang tepat. Jangan terburu-buru karena tidak ada bisnis yang bisa memberikan profit dalam waktu singkat.

Baca Juga: Investasi Pertanian Online

3. Properti

Properti memang diketahui menjanjikan profit yang besar. Tetapi, banyak orang yang ragu menggeluti investasi ini karena memerlukan modal yang tidak sedikit. Padahal, Anda dapat menjalankan pembelian properti dengan cara patungan bersama beberapa orang. Sebaiknya bekerjasamalah dengan orang-orang yang sudah dipercaya. Tanah atau bangunan yang dibeli dapat dikontrakkan sebagai rumah, kos, ruko, atau apartemen.

4. Reksa Dana

Reksa dana yakni tempat untuk mengumpulkan dana dari para investor. Sesudah dana terhimpun, manager investor akan menginvestasikannya dalam bentuk obligasi, deposito dan saham. Sebelum berinvestasi reksa dana, ada sebaiknya mempelajari terlebih dahulu cara kerja, risiko, dan profit yang akan didapat. Jangan lupa untuk menentukan di perusahaan apa Anda akan membeli reksa dana. Pastikan bahwa perusahaan tersebut profesional dan tepercaya.

5. Pendidikan

Kenapa pendidikan termasuk investasi? Apa pun jenis pendidikan yang Anda tempuh akan berguna di masa depan dan bisa diterapkan untuk kepentingan pribadi atau bersama. Anda bisa membuka jasa kursusberdasarkan pendidikan yang sudah dipelajari.

Misalkan Anda alumni pendidikan olahraga yang pintar berenang, maka Anda dapat memberikan les private renang kepada anak sahabat atau kerabat Anda. Tentunya ini adalah investasi bagi pemula yang paling mudah untuk dilakukan.

Cek Juga: Startup Investasi Pertanian

6. Barang Koleksi

Kalau Anda mempunyai hobi pada barang-barang antik, investasi yang satu ini dapat menjadi pilihan yang layak. Tidak cuma barang antik, barang-barang seperti lukisan, uang kuno, alat musik, sampai mainan juga termasuk sebagai instrumen investasi. Uang logam dan uang kertas yang sudah kuno dapat berharga mahal apabila dipasarkan di tahun-tahun yang akan datang. Lukisan bernilai tinggi umumnya tergantung pada nama sang pelukis, juga tergantung keunikannya.

Anda menyukai mengoleksi barang-barang seperti action figure, die cast, sampai mainan robot? Tentunya barang-barang ini bukan sekedar mainan lbiasa. Harganya juga dapat menempuh ratusan ribu sampai jutaan rupiah. Kalau koleksi sudah menumpuk, Anda bisa memasarkannya kembali dan mengambil profit apalagi jika mainan itu sedang langka dan banyak dicari orang.

7. Binatang Ternak dan Pertanian

Kini telah banyak situs investasi pertanian dan peternakan yang dapat dikunjungi. Anda dapat menjadi pemberi modal untuk mendanai supaya usaha-usaha tersebut dapat berkembang lebih baik. Profit yang ditawarkan juga menjanjikan tergantung program apa yang dipilih. Maka dari itu, pastikan Anda memilih program yang pas.

Sekian inspirasi-inspirasi investasi untuk pemula dan juga termudah yang dapat dijadikan pilihan untuk Anda terapkan. Sebelum mencoba investasi tertentu, perbanyaklah pengetahuan yang bersangkutan supaya tidak salah langkah dalam mengambil keputusan. Dengan begitu, Anda bisa memperkecil risiko dan dapat menerima profit yang maksimal.

Simak Juga: Fintech Pertanian