Kelebihan dan Kekurangan dari Konsep Coworking Space (Part 2)

Artikel ini merupakan lanjutan dari Kelebihan dan Kekurangan dari Konsep Coworking Space

Kelebihan Coworking Space

Di balik kekurangan yang ada, coworking space justru memberikan banyak keuntungan bagi para organisasi startup. Anda dengan biaya terbatas tetap dapat mempunyai ruang kantor yang cocok untuk bekerja, mengobrol dengan team, sampai berjumpa dengan klien atau calon pemodal. Semua dapat diselesaikan tanpa mengeluarkan biaya operasional yang besar. Boleh dibilang, coworking space bagus untuk citra dan kredibilitas perusahaan Anda, sehingga meningkatkan kepercayaan klien ataupun calon pemodal.

Apa saja kelebihan yang Anda peroleh dengan menerapkan coworking space?

1. Biaya relatif murah dan fleksibilitas tinggi

Anda mungkin penasaran apa yang membuat harga sewa konsep perkantoran unik coworking space ini dapat sedemikian murah. Jawabannya adalah prinsip economy sharing yang diatur oleh pengelola, sehingga harga sewa yang dikenakan pada pengguna lebih murah ketimbang harga sewa ruko atau ruang kantor konvensional. Saat Anda menyewa coworking space, Anda hanya membayar apa yang Anda butuhkan. Apabila Anda hanya butuh satu meja, maka harga sewa satu meja itulah yang dibayar, bukan harga sewa satu ruangan.

Anda sedang mencari coworking space di area Medan? Kunjungi https://cradlespace.co.id/plans/coworking-space/

Di sisi lain, coworking space juga menawarkan fleksibilitas dalam memilih paket mana yang paling pantas dengan keperluan Anda. Umumnya pengelola punya beberapa paket dengan jangka waktu sewa yang beragam, mulai dari harian, mingguan, bulanan, sampai tahunan. Anda bahkan bebas menyewa ruang kerja untuk berapa lama. Butuh suasana baru? Cukup hentikan masa berlanggan Anda di coworking space yang lama. Kemudian, langsung mendapatkan tempat baru dengan suasana dan lingkungan kerja yang lebih cocok untuk Anda.

2. Peluang memperluas jaringan

Bekerja di kantor konvensional membuat Anda berjumpa dengan orang yang sama setiap hari. Tetapi, bekerja di coworking space menunjang Anda bertemu dengan orang dengan latar belakang berbeda setiap hari. Dengan tata letak ruang yang terbuka, Anda tergerak untuk berinteraksi dengan mereka. Bukan tidak mungkin Anda akan bertemu dengan sesama organisasistartup atau pekerja lepas lainnya. Tidak hanya bertukar pandangan baru, sharing pengalaman, atau mengobrol panjang lebar, kesempatan untuk berkolaborasi bahkan terbuka lebar.

Coworking space memberikan Anda peluang memperluas jaringan dengan siapa saja, mulai dari sesama pebisnis, pembicara dalam seminar atau workshop, calon klien, sampai calon pemodal potensial. Kesamaan pemikiran dan pengalaman tentang startup ini memberikan semangat kuat bagi Anda untuk terus memaksimalkan usaha yang dimiliki.

Mencari informasi seputar virtual office di Medan? Silahkan kunjungi https://cradlespace.co.id/plans/virtual-office/

3. Struktur pada rutinitas harian

Selama ini Anda lebih banyak bekerja di rumah. Walaupun terdengar nyaman, faktanya Anda kesulitan mengatur jadwal dan sering menunda pekerjaan karena urusan rumah tangga. Menyewa ruang kerja bersama menolong Anda menghasilkan rutinitas harian yang lebih teratur dan terorganisir. Dengan jadwal kerja yang konsisten, Anda bahkan lebih konsentrasi untuk mengatasi pekerjaan daripada melakukan hal lain yang tidak produktif.

4. Fasilitas dan layanan

Komponen terbaik dari menyewa coworking space adalah kemudahan merasakan bermacam fasilitas dan layanan yang tersedia, tanpa pusing mengeluarkan biaya tambahan. Saat Anda menyewa ruang kantor konvensional, Anda masih harus menambahkan sendiri furniture, jaringan internet, jaringan telepon, dan tentu mempekerjakan seorang receptionist atau office boy. Biasanya ini tidak perlu Anda lakukan kalau menerapkan coworking space karena pengelola telah menyediakan semuanya. Urusan administrasi dan operasional kantor tidak lagi menjadi beban pikiran Anda.

Informasi seputar penyewaan meeting room area Medan dapat ada kunjungi: https://cradlespace.co.id/plans/meeting-room/

5. Lingkungan kerja nyaman, produktivitas meningkat

Terbuka, hangat, dan nyaman, itulah suasana yang sering Anda temukan ketika berada di coworking space. Desain tanpa sekat memberikan pengalaman bekerja yang berbeda dari kerja kantoran umum yang cenderung formal dan kaku. Ditambah lagi, seluruh orang bebas berinteraksi satu sama lain, sehingga memberikan atmosfer kerja yang positif. Lingkungan kerja yang nyaman dan kondusif seperti ini tentu berpengaruh pada peningkatan produktivitas Anda.

6. Banyak event komunitas menarik

Pengelola coworking space sering mengadakan acara seperti workshop atau seminar pada waktu tertentu. Umumnya, tema yang diusung adalah tentang mengelola bisnis startup, mencari pemodal yang ideal, pengembangan produk, sampai pentingnya mengurus izin usaha resmi. Selain menjadi sarana bersosialisasi dengan sesama organisator startup, Anda juga bisa melakukan promosi produk atau layanan startup. Tentu ini membuka kesempatan Anda dalam menyaring calon pelanggan atau mitra kerja baru.

Sekian pembahasan mengenai kelebihan dan kekurangan dari coworking space, semoga dapat menambah wawasan Anda.