Titik Paling Keren di Indonesia Untuk Diving Rekomendasi Banget Ini

Paket Tour Bunaken – Kau yang menggemari olahraga air kayaknya kurang komplit apabila belum menjajal scuba diving alias menyelam. Apalagi, Indonesia kaya dengan titik-titik menyelam keren yang pantang kau lewatkan; sebagian malah dinobatkan sebagai diving titik terbaik di dunia.

Nah, apabila kau mau bertualang di bawah air bersama makhluk-makhluk fantastis, ini ia daerah-daerah di Indonesia yang semestinya kau tuju. Percaya deh, Indonesia itu surga banget buat kau yang menyenangi diving dan snorkeling, atau sekadar menyenangi mengamati pantai!

Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur
Eh, jangan menduga eksotisme yang dimiliki Pulau Komodo itu cuma sebatas kadal komodo saja, ya. Di lepas pantainya, ada kekuatan tarik tersembunyi yang disimpan oleh pulau yang berlokasi di Nusa Tenggara Timur ini, sebab Taman Nasional Komodo ini adalah jantung Segitiga Terumbu Karang dengan keanekaragaman hayati laut paling kaya di dunia.

Taman Nasional Komodo mempunyai sejumlah spot penyelaman yang tersebar di Labuan Bajo, Pulau Komodo, dan Pulau dengan karakteristiknya masing-masing. Salah satunya yaitu Manta Point di mana kau dapat memantau Manta pada bulan-bulan Maret-April dan September-November. Kalo kau ingin mengunjungi sebagian spot sekalian, kau dapat memanfaatkan paket liburan dari dive operator lokal.

Bunaken, Sulawesi Utara
Bila kau berkunjung ke Manado, Sulawesi Utara, jangan pernah melewatkan peluang untuk menyelam di Taman Laut Nasional Bunaken. Bunaken memiliki 20 spot penyelaman yang dapat kau jelajahi, antara lain Tembok Lekuan, Mandolin, Bunaken Timor, Tanjung Kopi, dan reruntuhan kapal di Manado.

Laut Bunaken menjadi rumah bagi lebih dari 390 spesies koral serta ratusan variasi ikan, reptil, dan makhluk laut lainnya. Untuk hingga ke Pulau Bunaken, kau dapat menumpang perahu dari Manado dengan waktu tempuh sekitar 35 menit. Di sini, kau dapat bersua dengan ikan Nemo (clown fish) yang familiar di Disney itu.

Wakatobi, Sulawesi Tenggara

Kecuali Bunaken, rupanya Sulawesi masih memendam surga tersembunyi merupakan Taman Nasional Wakatobi yang berlokasi di Sulawesi Tenggara. Wakatobi sendiri sesungguhnya yaitu akronim dari nama empat pulau utama, merupakan Wangi-wangi, Kalidupa, Tomia, dan Binongko. Wakatobi benar-benar familiar di kalangan penyelam bagus lokal ataupun mancanegara sebagai salah satu daerah dengan biota laut terkaya di dunia. Topografi bawah lautnya juga bervariasi.

Di Wakatobi kau dapat menemukan 750 spesies koral, 112 variasi karang, serta 93 variasi ikan. Sebagian variasi penyu juga menciptakan taman ini sebagai rumah mereka seperti penyu sisik (Eretmochelys imbricata), penyu tempayan (Caretta caretta), dan penyu lekang (Lepidochelys olivacea).

Selat Lembeh, Sulawesi Utara
Masih di tempat Sulawesi, segaris selat sempit yang memisahkan antara tempat Bitung, Sulawesi Utara dan Pulau Lembeh ini nampak sepele. Walaupun, di baliknya kau dapat menemukan estetika hayati bawah laut yang wajib diperhitungkan. Perairan sepanjang 16 kilometer dan lebar cuma 1-2 kilometer hal yang demikian setidaknya mempunyai 88 lokasi spot penyelaman yang dapat memanjakan mata tiap penyelam yang ‘nyasar’ ke sana.

Pulau Weh, Sabang
Di ujung barat laut Indonesia, Pulau Weh juga menawarkan diving titik yang gak keok keren dibandingi dengan daerah-daerah familiar lainnya. Setidaknya ada tiga spot penyelaman yang dapat kau coba, merupakan Bate Tokong, Seulako Barat, serta The Canyon. Detail diceritakan terakhir ini yaitu lokasi menyelam yang paling keren di Pulau Weh. Topografinya berupa labirin bebatuan yang remang-remang sehingga memunculkan kesan mistis–namun gak angker kok. Kalo mujur, kau dapat bersua dengan napoleon fish raksasa.

Paket Lainnya : Trip Ke Pulau Komodo

Kepulauan Banda, Maluku

Kepulauan Banda yaitu kumpulan pulau vulkanis yang berlokasi di Laut Banda. Kepulauan ini masih termasuk kawasan provinsi maluku, tepatnya 132 km sebelah tenggara Ambon, yang terdiri dari 3 pulau besar–Banda Besar, Banda Neira dan Gunung Api– serta 7 pulau kecil. Kepulauan ini mempunyai taman laut yang oke punya sehingga menyelam menjadi kekuatan tarik utama bagi tempat ini.

Di Kepulauan Banda, tercatat ada lebih dari 25 titik menyelam. Detail paling familiar di antaranya yaitu Sonegat, Pulau Keraka, Pulau Syahrir Batu Kapal, Pulau Hatta, serta Pulau Ai. Untuk dapat menempuh Kepulauan Banda, kau perlu naik pesawat dahulu ke Ambon. Sesudah itu, baru menyeberang memakai kapal ke Kepulauan Banda.

Satu yang mesti diingat, pastikan kau datang di musim yang pas. Permulaan September hingga akhir Desember yaitu dikala yang pas untuk mengarungi laut Banda. Ketika cuaca sedang buruk, tidak akan ada kapal yang dapat mengantarmu menyeberang. Tamasya yang sepatutnya mengasyikkan dapat sia-sia.

Pulau Alor, Nusa Tenggara Timur
Masih di Nusa Tenggara Timur, ada satu tempat lagi yang menawarkan lokasi menyelam yang gak keok menawannya, merupakan Pulau Alor. Dunia bawah laut Alor setidaknya punya 50 spot menyelam yang tersebar hingga ke Pulau Pantar. Dengan airnya yang bening, laut Alor yaitu opsi total kecuali Raja Ampat dan Pulau Komodo.

 

 

Kunjungi Juga : Lombok diving & Info Lebih Lengkap di archipelagotraveller.com