Tips & Trik Bekerja dengan Pipa Plastik

Pipa plastik yang aman, kokoh, dan murah ialah standar untuk saluran layanan air dan metode DWV (saluran pembuangan limbah). Secara tradisional, besi cor, tembaga, dan baja dipakai di segala daerah tinggal dan bangunan komersial, namun dalam 50 tahun terakhir ini, bahan-bahan hal yang demikian sudah diganti dengan PVC (Polyvinyl Chloride) dan sepupu plastik CPVC (Chlorinated PVC) dan ABS ( Acrylonitrile Butadiene Styrene). Pipa yang berbeda mempunyai “jadwal” yang berbeda, yang merujuk pada ketebalan pipa dan berapa banyak tekanan yang akan dibendungnya.

  • Pemakaian Pipa Plastik:
    PVC diterapkan untuk pasokan air dan saluran pembuangan – tapi untuk perpipaan pasokan air, cuma seandainya diukur untuk tekanan. Di sebagian yurisdiksi, ini diterapkan untuk layanan perpipaan ke gedung, tapi tak untuk distribusi di dalam gedung. Ini tak pernah diterapkan untuk air panas. PVC tersedia dalam pelbagai jadwal tergantung pada aplikasinya – yang paling lazim yakni: jadwal 35 untuk saluran pembuangan, jadwal 40 untuk layanan air dan DWV, dan jadwal 80 untuk tekanan tinggi. PVC dan ABS yang diterapkan untuk DWV juga tersedia dengan inti busa.
  • CPVC diterapkan untuk penyediaan dan distribusi air, dan seandainya disetujui oleh yurisdiksi lokal, dan bisa diterapkan untuk distribusi air panas dan dingin di dalam gedung. CPVC tersedia dalam ukuran pipa tembaga (CTS), schedule 40, dan perpipaan schedule 80.
  • ABS biasanya cuma diterapkan untuk DWV.
    Pipa PVC, CPVC, dan ABS lazimnya digabungkan menerapkan sistem penyemenan pelarut yang sama, juga diketahui sebagai pengelasan pelarut. Sekiranya kedengarannya sedikit mengerikan, jangan cemas: aman dan gampang! Sekiranya Anda akan mengawali proyek plastik Anda sendiri, kami mempunyai sebagian tip untuk menolong menjamin kesuksesan Anda.

Simak juga : https://www.waterproindonesia.com/post/filter-air-sumur

Perlu dicatat bahwa pipa-pipa ini juga bisa disambungkan menerapkan sistem mekanis seperti fitting kompresi, adaptor pria-ke-wanita, selongsong karet dengan klem, dan fitting ragam dorong (meski sistem hal yang demikian berbeda pada tiap-tiap pipa dan biasanya dianggap tak aman. sebagai perekatan). Paling acap kali sistem pilihan ini diterapkan untuk pembetulan dan bukan pipa ledeng permulaan.

Simak juga : https://raya-rollingdoor.com/

Sebelum kamu memulai

Selain Anda perlu melepas fitting yang macet atau menangani sebagian permasalahan acak lainnya, Anda mungkin cuma membutuhkan dasar-dasar untuk mulai melaksanakan pipa plastik: pemotong / gunting untuk pipa plastik, primer (untuk PVC dan CPVC), dan semen pelarut (“perekat”). Dan jangan lupa handuk Anda!

Seandainya terjadi potongan yang tak terlalu bersih, Anda mungkin juga membutuhkan alat deburring yang terbuat dari plastik (Anda juga bisa mengaplikasikan kikir, amplas / kain, atau pisau serbaguna). Pipa berdiameter besar seringkali lebih bagus dipotong dengan gergaji besi, dalam hal ini deburring yakni kewajiban totaliter.

Simak juga : https://www.waterproindonesia.com/post/filter-air-minum-filter-air-sumur

Asalkan Anda mempunyai permukaan yang stabil untuk memasang wadah, Anda bisa menghemat waktu dengan memutar tutup primer dan semen. Tutupnya mesti mempunyai aplikator atau “pengoles” yang terpasang, yang bisa Anda tinggalkan di dalam wadah: alih-alih mesti membuka dan membuka wadah tiap kali diaplikasikan, Anda bisa dengan kencang menarik pengoles keluar. Ingatlah untuk menutup semuanya sesudah Anda selesai!

Simak juga : Lem pipa pvc terbaik

Anda perlu berprofesi kencang dikala menggabungkan plastik, namun Anda juga mesti aman. Padahal Anda tak mesti benar-benar bersentuhan seketika dengan primer atau semen (berkat pengolesnya), sebaiknya kenakan sarung tangan nitril atau sarung tangan bendung bahan kimia lainnya. Pastikan zona kerja mempunyai ventilasi yang bagus, dan jangan berprofesi di dekat panas tinggi atau api terbuka.

Praktik Terbaik untuk Mengukur & Memotong Pipa Anda

Tentu saja, langkah pertama yang dibutuhkan untuk melekatkan pipa bersama yaitu memotong potongan-potongan itu menjadi panjang. Pada segala ragam pipa plastik, potongannya patut dipotong persegi, dibelah, dan dibelah (atau miring) di tepi luar sebelum dilem. Deburring akan memungkinkan aliran air yang lancar lewat pipa air atau aliran bahan limbah yang lancar lewat pipa drainase, sementara chamfering akan mempermudah penyisipan pipa ke dalam fitting dan akan menjaga supaya segala semen tak terdorong keluar. ideal. (Bila mengaplikasikan fitting mekanis, chamfering akan mencegah gasket atau O-ring rusak.)

Simak juga : Sealant

Kini Anda mungkin berdaya upaya pada spot ini bahwa Anda bisa menyatukan semuanya untuk metode sprinkler atau proyek lain sehingga Anda tahu persis berapa banyak yang patut dipotong, potong, lalu rekatkan semuanya kembali secara permanen. Sepertinya inspirasi yang baik, bukan? Sayangnya, metode kerjanya tak seperti itu – sekiranya Anda mengeringkan sambungan pipa plastik yang ideal untuk tujuan menilainya, Anda akan menerima hasil penilaian yang buruk.

Simak juga : Pelapis anti bocor

Pipa kering cuma akan masuk beberapa ke semen ideal pelarut (dan sebagian pelintiran) dibutuhkan untuk membikin pipa masuk sepenuhnya, di mana dia menubruk punggungan atau bibir yang disebut \\\”hub\\\”. Lihatlah ke dalam ideal plastik dan Anda akan mengamati hubnya sedikit lebih dari separuh jalan dari bukaan. Jarak ini disebut sebagai kedalaman soket.

  • Fitting plastik dirancang untuk menyambung ke pipa plastik dengan interferensi fit, juga diketahui sebagai press fit atau friction fit. Artinya, fitting dirancang sedemikian rupa sehingga tak sama persis dengan pipa – hub fitting hakekatnya agak meruncing supaya ideal sehingga tak ada celah untuk diisi perekat / semen.
  • Terlepas dari namanya, perekat untuk pipa plastik sama sekali bukan perekat. Ini hakekatnya pelarut yang mencairkan plastik, jadi pipa dan fitting pada dasarnya akan meleleh bersama. Anggap saja seperti logam las – inspirasi yang sama, namun dengan bahan kimia, bukan obor. Sesudah sambungan sembuh, pipa dan fitting tak lagi menjadi komponen yang terpisah, yang membikin sambungan yang disemen dengan benar hampir anti bocor.
  • Bila Anda perlu mengenal dengan pasti panjang pipa yang perlu dipotong untuk proyek Anda, cukup ukur dari hub fitting ke tepi luar untuk mempertimbangkan kedalaman soket yang pas.