Macam-Macam Pompa Air – Pelajari Perbedaannya Sebelum Membeli

Macam-Macam Pompa Air - Pelajari Perbedaannya Sebelum Membeli

Ada beberapa tipe instalasi tandon air atas tapi yang terpopuler ialah pompa permukaan atau Macam Pompa Air jet dan pompa submersible. Pompa permukaan dipakai untuk sumur dangkal dan pompa submersible dipakai untuk sumur dengan kedalaman lebih dari 20 kaki.

Apakah bedanya di antara ke-2 tipe pompa ini? Selainnya dari tempat di mana mereka ditaruh, ada beberapa ketidaksamaan yang lain. Ketahui ini akan menolong Anda pilih tipe pompa yang Anda perlukan. Apa Anda memerlukannya sebagai alternatif atau untuk instalasi baru, sebaiknya Anda sedikit mempelajari ke-2 nya.

Pompa permukaan ditempatkan di tanah dekat sumur atau di ruangan bawah tanah rumah. Tersambung ke bak penyimpanan tempat air yang keluar diletakkan. Pompa tipe ini bekerja lewat hirup yang memiliki arti memakai penekanan udara untuk menarik air. Makin kuat pompa, makin banyak penekanan udara yang bisa dibuat. Pompa yang mempunyai 40psi (pengukuran penekanan udara) semakin kuat dibanding pompa dengan 20 psi. Ini bisa disokong oleh bahan bakar atau energi surya. Beberapa pompa permukaan mempunyai rakitan jet di dekat motor sementara beberapa mempunyai rakitan jet yang tergenang air.

Baca Juga : harga toren 1000 liter

Pompa submersible ialah pompa di mana motor, impeller, rakitan jet terbungkus dalam casing silinder dan tergenang ke air. Sebuah lubang kecil dibikin supaya kabel listrik bisa mengucur ke atas hingga bisa dicolokkan ke stopkontak. Ini direferensikan untuk sumur yang lebih dalam dari 25 kaki.

Pompa air akan jaga pembakaran bensin di mesin supaya tidak begitu panas saat Anda menyetir mobil. Pompa air ini dipakai di truk dan kendaraan yang lain. Anda akan mendapati jika pompa mensirkulasikan air lewat mesin untuk jaga beberapa komponen didalamnya supaya tidak macet dan terlampau panas.

Karena lokasi daftar harga tandon air susah dicapai, Anda kemungkinan kesusahan tentukan apa pompa bisa bekerja yang baik atau mungkin tidak. Tetapi, ada banyak cara yang dapat Anda turuti untuk mengetes pompa air dalam mobil dari ketidakberhasilan. Anda akan mendapati jika beberapa langkahnya kemungkinan gampang dituruti bahkan juga untuk teknisi yang tidak eksper seperti Anda.

Pertama, mencari tutup radiator dengan buka mobil. Sesudah Anda mendapatinya, Anda harus mendapati termostat di atasnya. Selanjutnya, Anda harus menariknya dan menghidupkan mesin. Anda harus memerhatikan pengukuran temperatur termostat dengan berhati-hati. Anda akan mendapati jika mesin akan memerlukan waktu semakin lama untuk pemanasan bila pompa air mobil Anda bekerja yang baik.

Ke-2 , Anda harus mematikan mesin. Karena itu Anda harus mendapati pompa air dan sabuk pendorongnya di kompartemen mesin. Anda bisa memakai kunci cocok untuk mengurangi baut dan menarik sabuk dari pompa. Kemudian, pakai tangki air 1000 liter Anda untuk memutar pendorong sabuk untuk mengenali apa sabuk berputar-putar secara lancar. Sama ini, Anda juga akan ketahui gerakan di driveshaft. Saat Anda mendapati jika pompa pada kondisi baik, Anda harus menukar sabuk dan kencangkan kembali skrup penahan.

Ke-3 , pakai kunci cocok untuk mendapati sumbat pembuangan cairan pendingin. Steker berada pada bagian bawah radiator. Anda harus biarkan mengucur keluar. Selanjutnya, Anda harus menukarnya saat sebelum tuangkan cairan pendingin ke radiator. Selanjutnya, Anda bisa hidupkan mesin. Kemudian, Anda harus memerhatikan tingkat cairan pendingin dengan jeli. Dalam masalah ini, tingkat akan turun secara cepat bila pompa air bekerja yang baik karena pompa mensirkulasikan cairan pendingin ke sisi lain dari mesin. Selanjutnya, lihat pengurangan cairan pendingin lebih serius sesudah Anda isi daftar harga toren air kembali. Bila turun karena itu pompa air Anda pada keadaan baik. Di lain sisi, bila turun benar-benar lamban atau mungkin tidak turun benar-benar, Anda harus menukar pompa Anda dengan pompa baru.

Pompa air tempel ialah alat yang memompa air dari unit bawah ke sisi atas alat. Ini akan membuat mesin masih tetap dingin saat dipakai. Saat lumpur, cangkang dan pasir kemungkinan masuk ke pompa air motor tempel dan mengusik operasionalisasi pompa air. Bila Anda tidak mengeceknya, Anda akan menghancurkan pompa air. Dengan begitu, Anda harus menukarnya.

Anda akan mendapati jika pompa air Anda kemungkinan tahan lama. Yang penting Anda kerjakan ialah lakukan pembaruan kecil jika dibutuhkan. Anda akan membuat unit bekerja yang baik. Berikut ialah beberapa pembaruan yang bisa Anda kerjakan untuk membenahi pompa air yang Anda punyai.

1. Bebaskan baut di bagian bawah unit. Untuk lakukan ini, Anda bisa memakai kunci cocok 12 sampai 14 mm. Anda akan mendapati jika ukuran kunci cocok yang Anda perlukan ditetapkan oleh merk motor tempel. Dalam masalah ini, Anda akan mendapati jika tiap baut memiliki ukuran sama.

Kunjungi : tangki air anti lumut

2. Saksikan sisi bawah plat anti-kavitasi dan bebaskan tab trim darinya. Tab pas di baling-baling. Anda akan mendapati jika itu dibaut lewat tab trim. Yakinkan Anda pisahkan baut dan tab sesudah melepaskannya.

3. Bebaskan baut unit bawah. Ini akan melepas unit bawah dari motor. Anda wajib melakukan ini dengan benar-benar berhati-hati untuk menghindar unit bawah melaju keluar dengan cara tidak teratasi. Saat Anda lakukan cara ini, yakinkan unit bawah bebas dari motor.

4. Taruh unit bawah di lokasi yang aman. Anda harus menunjukkan motor dan kutub pemindah sesudah Anda melepas unit bawah. Yakinkan Anda mengeluarkannya dengan penekanan halus dan geser keluar.

5. Mengambil baut-baut yang memuat pompa air. Yakinkan Anda mengatasinya dengan berhati-hati supaya tidak pecah karena korosi. Anda akan mendapati jika casing akan gampang diangkat saat Anda sudah melepaskan baut-baut itu.

6. Geser impeller pompa di atas kutub motor. Selanjutnya, bebaskan plat baja dan gasket tempat impeller ada.

7. Bebaskan cincin “o” dan anak stainless steel dari casing. Anda harus juga melepaskan kunci dari kutub dengan memakai obeng standard dengan berhati-hati. Yakinkan Anda melakukan dengan lakukan pergerakan top-down.

8. Mulai pasang sisi baru dari kit toren air anti lumut. Saat sebelum penempatan, Anda harus menempatkannya yang rapi. Tukar paking ke arah tempat sebelumnya untuk plat baja pompa. Yakinkan gasket ditempatkan di atas plat baja dan terpasang secara baik.

Selanjutnya, Anda harus memasang langkah kunci baru. Mencari lekukan kecil pada impeller dan sejajarkan hingga ditaruh secara benar. Seterusnya, Anda harus menempatkan cincin “o” di luar pinggir tutupnya. Kemudian, pasang stainless baru pada tempatnya dalam casing. Geser cincin “o” dan cangkir stainless di atas kutub ke impeller. Putar sama arah jarum jam. Yakinkan Anda tekan tutup plastik saat memutar kutub motor. Selanjutnya, oleskan baut-baut yang sudah Anda bebaskan untuk kencangkan casing.

Baca Juga : harga toren air 1500 liter

9. Lumasi baut untuk menukar sisi atas kutub pemindah dan motor.

10. Dapatkan dua lubang di sisi tengah untuk memasangkan kembali unit bawah motor. Saat ini, pompa kolam motor tempel Anda telah diperbarui hingga Anda bisa memakainya untuk keperluan Anda.

Artikel Lainnya :